Harta Boediono 18 M, Kok Belum Berhaji ?

Friday, May 29, 2009

Isu berbau agama adalah isu biasa dalam demokrasi yang selalu muncul dalam pemilu pasca reformasi. Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono sebaiknya tidak menghindar dan harus memberikan penjelasan kepada publik mengenai isu tersebut.

"Kekayaan Pak Boediono Rp 18 miliar. SBY mengatakan dia muslim yang taat. Lalu masyarakat tanya, 'kok belum naik haji?'. Itu kan hal wajar. Pertanyaan begitu ya dijawab. Kita jangan tepis, tapi jelaskan," kata pengamat politik Islam UIN Syarif Hidayatullah, Bachtiar Effendy, di Jakarta, Kamis (28/5).

Isu mengenai istri SBY dan Boediono yang tidak berjilbab, ujar Bachtiar, seharusnya juga perlu disikapi dengan jeli. Apalagi, yang mengangkat pertama kali isu itu adalah kalangan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai partai pendukung. "Kalau orang tidak suka dengan isu jilbab, ya dibalas dengan isu lain. Jangan kemudian menghindar dengan mengatakan itu isu tidak penting," ujarnya.

Bachtiar mengingatkan, mayoritas pemilih adalah muslim. "Dalam pemilu, apapun jadi penting. Orang pakai baju apa, ngomong apa jadi penting," tambah Bachtiar.

Upaya menghindari isu agama, lanjut Bachtiar, menunjukkan ketidakmampuan menangani isu tersebut. Padahal, isu agama bukanlah isu istimewa. "Dulu tahun 1999 dan 2004 sempat ada isu menolak calon presiden perempuan dengan alasan agama. Sekarang isu itu berganti dengan isu jilbab," pungkasnya.


http://www.dakta.com

0 comments:

Followers

  © Blogger template Leaving by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP